IPB Part 2 : ASRAMA

Assalamualaikum!
Hai jumpa lagii nih dengan sharing kampus :D
Kali ini aku akan membahas tentang ASRAMA TPB IPB. Yaps, asrama. Apalagi sih tuh kak? Jadi kita asrama ya tinggalnya? Loh loh, kok anak kuliah masih asrama sih? Eits eits sebelum berkomentar lebih jauh, mending di simak dulu deh yang di bawah ini. Check it now ;) 

Asrama TPB IPB adalah suatu pembelajaran kehidupan tinggal dalam suatu asrama bersama-sama dengan banyak teman di berbagai daerah yang diselenggarakan oleh TPB IPB dan wajib hukumnya diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat persiapan bersama pada tahun pertama. Tentunya, asrama putra-putri dipisah hehe. Kode untuk asrama putri adalah A dan asrama putra adalah C.

Asrama putri, sering disingkat dengan astri, terdiri dari lima gedung. A1, A2, A3 sampai A5. A1-A4 terletak dalam suatu kawasan yang sama, tepatnya di seberang gedung CCR. Masih ingat dengan gedung CCR kan? ;) A5 sendiri “agak” terpisah jauh dari gedung-gedung lainnya. Jadi, cukup bersabar ajah yah bagi yang dapet gedung A5 ntar, hehee, tapi biasanya walaupun gedung A5 jauh, namun mereka memiliki kekompakan yang sangat luar biasa. Satu gedung terdiridari sepuluh lorong. Lorong 1-5 di lantai bawah dan lorong 6-10 di lantai atas. Khusus untuk gedung A4, terdiri dari enam lantai. Gedung A4 adalah salah gedung yang baru-baru dibangun di asrama putri.

Asrama putra, sering disingkat dengan astra, terdiri dari empat gedung. C1, C2, C3, dan C4. Sama dengan asrama putri, asrama putra juga memiliki gedung yang terpisah dengan gedung-gedung lainnya, yaitu C4. A5 dan C4 letaknya hampir dekat, eitss jangan berpikiran yang macem-macem loh hehe. Untuk jumlah lantai dan lorongnya hampir sama saja bentuknya dengan asrama putri.

Apa saja sih kak kegiatan asrama TPB IPB? Yuhuu aku jelasin yaa ;) Jadi di asrama itu kalian-kalian para mahasiswa baru tidak akan dibiarkan untuk sedih berlama-lama karena homesick hihi. Kakak-kakak tingkat yang bertugas untuk mengurus segala kegiatan asrama, atau disebut juga dengan Senior Resident, disingkat dengan kakak SR. Nah, kakak-kakak SR ini akan membantu kalian, membimbing kalian dalam menjalankan kegiatan-kegiatan asrama, atau disebut juga dengan Social Gathering = SoGa.

Kegiatan asrama TPB IPB daapat diuraikan sebagai berikut :
1. SoGa Gedung = Sodung ; biasanya kegiatan ini dilakukan sekali sebulan di awal bulan, acaranya yaitu sholat isya berjama’ah dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh kakak-kakak tingkat atau alumni yang berprestasi.
2. SoGa Lorong = Solong ; kegiatan ini dilakukan sekali seminggu, jadwalnya terserah dengan perjanjian masing-masing lorong dengan kakak SR nya. Agendanya penyampaian materi, games, sharing, dll.
3. Ngaji Gedung = Ngadung ; ngaji bersama-sama satu gedung, biasanya dilakukan dalam sekali sebulan juga setelaah sholat isya berjama’ah. Kegiatan ini juga biasanya digabung dengan kegiatan sodung.
4. Ngaji Lorong = Ngalong ; ngaji bersama-sama satu lorong, biasanya dilakukan sekali seminggu dan jadwal disesuaikan dengan SR masing-masing lorong juga. Agendanya belajar ngaji, tajwid, dan penyampaian materi.
5. GBBA = Gerakan Bersih-bersih Asrama. Nah, kegiatan goro ini dilakukan sekali sebulan kok, tenang aajaaa hehe dan biasanya dihari sabtu pagi.

Peraturan-peraturan yang ada di asrama akan diberitahukan ketika kalian nanti telah massuk asrama. Tapi, biar untuk jadi gambaran buat adik-adik, aku beritahukan beberapanya :
1.  Tidak boleh keluar asrama lewat dari jam sembilan malam atau dikenal dengan istilah Jamal = Jam malam, hehe.
2.  Tidak boleh membawa setrika, pemanas air, kipas angin ke asrama. Setrika dan dispenser akan disediakan per lorongnya.
3.  Tidak boleh keluar dari kamar menggunakan pakaian satu tali dan celana di atas lutut.
4.  Tunggu setelah masuk asrama yaaaa hehee.

Yaah pada dasarnya asrama ini adalah untuk melatih mental kita dan mengenal secara baik lingkungan kuliah kita, sehingga kita bisa mencari tempat tinggal yang aman ketika sudah keluar dari asrama. Manfaatkan ketika kalian di asrama yaa, kalian bisaa bertemu banyak teman dari berbagai nusantara dan bisa belajar bareng ketika menemukan kesulitan dalam belajar, bisa belajar yang namanya saling menghormati dan menghargai, dan yang paling penting adalaah saling menyayangi, karna ketika kalian sudah tidak di asrama lagi, kalian pasti akan merindukan masa-masa di asrama.
Okeey mungkin ini dulu yang bisa aku jelaskan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentaang TPB IPB yaah!


Wassalam!

Komentar

  1. kk,nilai untuk lulus biologi ipb berapa ya?? makasih

    BalasHapus
  2. Maaf yah baru sempet bales ^^
    Kamu mau masuk jurusan Biologi IPB ya?
    Aku gatau pastinya berapa, yang pasti kalau mau masuk jurusan biologi berarti nilai biologinya harus ditonjolkan, terus jangan lupa jadikan pilihan pertama kamu hhe..

    Semoga berhasil :))

    BalasHapus
  3. permisi ka mau tanya kalau kamar RB itu maksudnya apa ya ka?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPB Part 4 : Transportasi Umum dari Bandara Soekarno Menuju Kampus IPB

IPB Part 1 : TINGKAT PERSIAPAN BERSAMA (TPB)