IPB Part 4 : Transportasi Umum dari Bandara Soekarno Menuju Kampus IPB

Hello guyss..

Kali ini aku akan beralih sharing mengenai IPB Part 4 tentang transportasi umum dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Kampus IPB. Informasi ini sangat berguna sekali nih untuk para mahasiswa IPB yang akan menapakkan kaki ke kampus IPB pertama kalinya mengunakan transportasi umum.

Actually, perjalanan dari Bandara Soekarno menuju kampus IPB tidak begitu sulit. Titik-titik pemberhentiannya jelas dan tidak akan membuat temen-temen bingung. So, don’t worry!

1. Setelah kalian tiba di Bandara Soekarno, temen-temen langsung menuju ke halte pemberhentian bus, tepatnya Bus Damri. Tidak sulit menemukan halte Bus Damri, karena halte ini letaknya di bagian depan pintu keluar terminal penerbangan.  Jika temen-temen kesulitan menemukan lokasinya, langsung tanyakan pada satpam yang berjaga di depan pintu keluar terminal. Satpam akan menunjukkan langsung ke temen-temen posisi halte untuk menunggu Bus Damri tujuan Bogor. 



Bus Damri ini ada dua jenis, yang pertama Bus Damri Royal dan Bus Damri saja (Haha). Bedanya? Yang pasti terletak pada harganya. Harga Bus Damri Royal agak lebih mahal dibanding Bus Damri biasa. Sejauh tidak ada perubahan, harga untuk Bus Damri Royal sebesar Rp75.000,-, sedangkan untuk Bus Damri biasa sebesar Rp55.000,-. Fasilitas Bus Damri Royal tidak jauh berbeda dibandingkan dengan yang biasa, hanya saja tempat duduknya yang lebih nyaman, karena terdapat sandaran kaki yang membuat posisi duduk lebih comfortable. Selain itu, Bus Damri Royal ‘agak’ lebih sering muncul dibanding Bus Damri biasa. So, temen-temen yang tidak suka menunggu lama di halte atau takut kemalaman tiba di kampus IPB, bisa menggunakan Bus Damri Royal ini.

2. Sekitar 2-3 jam perjalanan (waktu dihitung berdasarkan keadaan perjalanan tidak terlalu macet), pemberhentian akhir Bus Damri tujuan Bogor ini adalah Terminal Baranang Siang. Setelah temen-temen tiba di Terminal Baranang Siang, temen-temen akan punya beberapa pilihan transportasi umum.
- Pertama, temen-temen bisa menggunakan Angkot dengan No 02 atau 03. Angkot ini akan mengantarkan kalian ke pemberhentian terakhir, yaitu Terminal Laladon. Setelah kalian tiba di Terminal Laladon, kalian naik Angkot dengan kode Kampus Dalam. Kalian akan dihantarkan menuju kampus IPB. Biasanya, biaya menggunakan angkot ini lebih murah rah rah rah. Hehe. Temen-temen cukup mengeluarkan uang Rp8.000,- untuk dua kali naik angkot ini (@Rp4.000,-).



- Kedua, temen-temen bisa menggunakan Bus Trans Pakuan. Halte Bus ini tidak jauh dari pemberhentian Bus Damri. Haltenya terletak di dekat parkiran motor Mall Botani Square. Seperti biasa, jika temen-temen sulit menemukannya, temen-temen bisa tanyakan pada orang-orang di sekitar terminal atau satpam yang bertugas letak lokasi Halte Trans Pakuan ini. Biaya Trans Pak sebesar Rp5.000,-. Kemudian, temen-temen turun di pemberhentian terakhir lagi, yaitu Terminal Bubulak. Dari sini, silahkan temen-temen naik Angkot dengan kode Kampus Dalam. Kalian akan dihantarkan menuju kampus IPB. Sama seperti di atas, biaya menggunakan angkot ini dari terminal sebesar Rp4.000,-.


Ketiga, temen-temen bisa langsung menggunakan ojek on line yaitu GoJek, Grab, Uber atau lainnya. Jika menggunakan ojek on line, temen-temen harus menyediakan aplikasinya di handphone dan kalian akan langsung dihantarkan ke kampus IPB tanpa ada turun dua kali lagi. Lebih nyaman dan lebih aman. Biayanya berkisar Rp17.000,- sampai Rp23.000,-. Harga berubah bergantung situasi macet di jalanan. Dan tentunya, bisa lebih murah jika lagi ada promo. Hehe.



Nah, sekarang temen-temen udah gak khawatir dan gak bingung lagi, kan? Siap belajar mandiri dong ya? Semangat menjadi mahasiswa IPB! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IPB Part 1 : TINGKAT PERSIAPAN BERSAMA (TPB)

IPB Part 2 : ASRAMA